Senin, 03 September 2012

Eh....Ada di Youtube..(Bagian 1)



Thanks to Youtube yang telah memungkinkan saya menonton video-video musik jadul. Maklum saja, meskipun saat ABG saya sangat suka mendengarkan lagu, tapi amat jarang saya bisa nonton video klipnya. Dulu, yang biasa menayangkan video klip musik adalah televisi swasta. TVRI hanya sesekali. Apalagi video klip barat, seingat saya amat jarang ditayangkan di TVRI. Padahal TV di rumah saya tidak bisa menangkap siaran tv swasta dengan baik. Akhirnya, saya harus puas mendengarkan lagu di radio sambil membayangkan versi visual lagu itu.

Ada beberapa lagu favorit saya yang baru saya bisa lihat klipnya di Youtube:
1.                1. Back To You- Bobby Caldwell feat Marilyn Scott
Lagu ini musiknya unik menurut saya. Penyanyinya pun punya suara unik hingga bikin saya suka. Jujur saat itu saya nggak bisa menangkap lirik lagunya. Jadi  saya nggak tahu lagu ini sebenarnya bercerita tentang apa. Begitu saya lihat klipnya di Youtube, ternyata klipnya biasa aja ya..ha..ha..Penyanyinya juga oldies banget gayanya. Tapi saya jadi bisa tahu liriknya yang dalem..



2.        Always- Air Supply
Lagu ini punya lirik “juara”. Sangat puitis dengan musik yang indah..Pertama kali denger lagu ini saat saya kelas 3 SMP dan tahu liriknya dari majalah. Berhubung waktu itu saya lagi semangat belajar bahasa Inggris, saya coba terjemahkan lirik lagunya. Eh..kok aneh artinya. Jelaslah karena memang lagu ini lebih pas dinyanyikan dalam bahasa aslinya biar maknanya nggak kabur..Klipnya ternyata juga nggak istimewa. Tapi buat saya sih nggak masalah karena saya sudah telanjur jatuh cinta sama lagunya.



3.        You Don’t Understand Me- Roxette
Nggak tahu kenapa, sejak dulu saya cenderung menilai sebuah lagu dari musik, baru ke liriknya. Bukan  dari penyanyinya siapa. Jadi waktu denger lagu ini pertama kali, somewhere in 1995- saya langsung suka. Musiknya terkesan gloomy, pas dengan karakter suara Marie Fredriksson, sang vokalis. Liriknya juga nggak kalah sedih, tentang seorang perempuan yang diabaikan oleh pasangannya. Ternyata klipnya lumayan bisa menggambarkan lagunya. Dibuat dengan konsep hitam putih, cukuplah menggambarkan kesendirian si perempuan yang merasa dicampakkan itu.



4.                4.     Nothing To Lose- Michael Learns To Rock
Pertama kali denger lagu ini pas nonton sebuah sinetron di televisi-somewhere in last of 90’s-. Eh kok enak banget ya..Yang saya suka lirik lagu ini yang bilang; “There’s something you don;t understand. I want to be your man..” Kesannya sweet banget gitu..(lebai..). Klipnya rada-rada 17 tahun ke atas sih karena ada adegan mesranya segala. Makanya, klipnya nggak saya upload nih..he..he.. Konsepnya sama dengan klip Roxette di atas, hitam putih.

5.        Save The Best For Last- Vanessa Williams
Saat lagu ini booming di awal 90-an, saya masih kecil banget. Baru saat SMP saya dengar lagu ini di radio. Musiknya indah, khas David Foster- pencipta lagunya. Klipnya ternyata juga sederhana sekali. Mungkin karena saat itu belum ada teknologi canggih atau konsep klip spektakular ya..








Tidak ada komentar:

Posting Komentar