Sabtu, 02 Maret 2013

Masih Nostalgia 90-an..



Saya selalu terkenang dengan masa 90-an karena saat itulah saya menghabiskan masa remaja yang penuh haru-biru he..Karena itu, masih dalam rangka mengenang tahun 90-an, ini lanjutan ceritanya..

Foto: www.artistdirect.com

1.     Ballad..oh..Ballad..Seingat saya, era 90an terutama awal 90-an adalah masanya lagu-lagu ballad. Para penyanyi cowok banyak yang menyanyikan lagu-lagu mellow dan manis, penuh lirik cinta yang romantis. Yang saya ingat adalah lagunya Michael.W. Smith, I Will Be Here For You, Rick Price, Heaven Knows atau yang lebih jadul lagi Tommy Paige, A Shoulder To Cry On. Lucunya, penampilan para penyanyi cowok itu tak selalu semanis lagunya. Malah terkesan “garang” karena mereka tampil dengan rambut gondrong dan dandanan nggak rapi-rapi amat.


2.    OSELLA. Dulu, produsen T-shirt dan semacamnya nggak sebanyak sekarang. Merk yang saya ingat hanyalah Hanny and Robert (H&R)- yang juga memroduksi jaket, C59-kaos produksi Bandung, dan satu lagi OSELLA. Dengan lambang kodok, merk OSELLA kayaknya nempel banget di kepala saya karena promosinya yang gencar di majalah remaja. Malah OSELLA pernah jadi sponsor utama GADIS SAMPUL. Tak hanya T-shirt, OSELLA juga memroduksi polo shirt dan kemeja. Saya sampai pengeen banget beli OSELLA. Tapi karena harganya lumayan mahal, saya harus nabung dulu baru bisa beli atau nungguin ortu beliin saat lebaran. Kayaknya, sekarang OSELLA sudah nggak diproduksi lagi. Padahal kualitasnya bagus. 

Fot; Iginindnesiablog.com

3.    Dari Cutbray Sampai Jelly Shoes. Mode yang saya ingat di tahun itu adalah gaya back to eightiesnya. Cutbray dan sepatu berhak tebal jadi salah satu cirinya. Lucu banget karena saya pernah pengen punya sepatu tebal tapi nggak ada uang. Padahal apa enaknya pake sepatu kayak ulekan ha..ha..Setelah itu, ada pula trend serba transparan. Ada jelly shoes- warna putih sampai pink, jelly bag, tempat pensil transparan..Dan kayaknya mode dan trend di atas sempat berulang pada masa 2000-an.

4.    Kosmetika Remaja. Dulu, remaja tak punya kosmetik khusus. Saya saja biasa bedakan pake bedak bayi..hi..hi..Tahun 93-an mulai diproduksi kosmetika remaja, BELIA Martha Tilaar. Konon, Martha Tilaar memroduksi kosmetika remaja karena terinspirasi oleh putrinya, Whulan Tilaar, dan ingin mempersembahkan produk itu untuknya.

Promosi BELIA lumayan gencar di majalah. Saya ingat, model BELIA pertama adalah Cut Tary yang waktu masih segeer banget. Produk BELIA terhitung lengkap mulai dari produk perawatan sampai kosmetika seperti compact powder, lipstik . ligloss sampai belakangan ada pula eye shadow-nya. Sebagai ABG, saya juga nggak mau ketinggalan membeli produk-produk BELIA. Saya punya hampir semua produknya: pembersih, penyegar, cleansing foam (pembersih wajah), body cologne, body lotion, compact powder dan lipgloss. Sekarang, kosmetika remaja sudah banyak bermunculan dan nama BELIA juga udah mulai terlupakan.

5.    Telenovela VS Thailand Drama. Marimar, Maria Mercedes..Telenovela dari Mexico dan Venezuela jadi favorit ibu-ibu bahkan remaja putri. Biasanya ditayangkan pagi atau siang menjelang sore. Nama Thalia dan Gabriella Spanic menjadi amat tenar. Malah sempat diundang segala ke Indonesia untuk jumpa fans.

Padahal, cerita telenovela menurut saya intinya sama saja: cewek cantik tapi biasanya miskin jatuh cinta dengan cowok ganteng dan kaya. Ibu atau bapak si cowok tak setuju dan menentang hubungan mereka serta melakukan berbagai cara untuk memisahkan 2 sejoli itu. Biasanya, akan ada orang ketiga diantara keduanya entah berkarakter protagonis atau antagonis. Intinya sih si orang ketiga ini jadi “pengacau” hubungan kedua orang yang saling cinta tadi. Selain itu ada pula “bumbu” rebutan warisan atau rebutan kekuasaan.

Di akhir 90-an, giliran drama asal Thailand yang jadi favorit. Awalnya hanya ditayangkan oleh salah satu televisi swasta. Karena sukses lalu diikuti oleh statsiun TV lain. Bedanya, Thailand drama lebih minim dialog dibandingkan dengan telenovela. Berantem aja banyak diemnya. Gemees..

6 komentar:

  1. hahahaa... kayaknya kita sejaman deh...
    rick price dulu, subhanalloooh..ngehits banget ya Mbak

    BalasHapus
  2. he..iya, saya generasi jadul, 90-an..bener, dulu baru denger intro lagu Heaven Knows aja udah klepek-klepek..yang juga saya inget banget waktu itu lagu-lagu soundtrack film The Bodyguard by Whitney Houston...Nggak tergantikan deh kayaknya

    BalasHapus
  3. Yg lokal dunk say,dibahas.sungguh mengasyikan 90an irreplacable

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..pengennya sih bahas banyak mbak..next time maybe.thanks for visiting!

      Hapus
  4. Smpe sekarang masih ada baju H&R meski bolong dmkan tikus

    BalasHapus