Rabu, 27 Maret 2013

Kontroversi Seputar Oscar


Foto : www.la-lights.com


Pesta untuk para insan film dunia, Academy Award ke 85 telah usai. Setiap tahunnya, para juri dalam ajang itu akan memilih film yang dianggap paling pantas menerima penghargaan serta memilih siapa saja insan film terbaik dalam 24 kategorinya.

Namun bukan berarti pilihan dewan juri selalu “disetujui” publik. Seringkali, pilihan juri justru malah mengundang kontroversi atau pun kritik. Berikut ini adalah beberapa pilihan juri yang paling menimbulkan perdebatan:

Foto: wikipedia
Film Pilihan Terburuk

     Citizen Kane adalah salah satu film terbaik yang pernah ada. Bercerita tentang seorang miliuner pemilik surat kabar, Charles Foster Kane (diperankan Orson Welles), film ini memperoleh 9 nominasi pada Academy Award 1941. Siapa sangka, film ini ternyata hanya menyabet 1 piala saja. Itu pun bukan untuk kategori Film Terbaik (Best Picture). Kategori itu justru direbut oleh sebuah film berjudul How Green Was My Valley, sebuah film drama arahan sutradara John Ford.

Foto: wikipedia
 Kekalahan Jack Nicholson Dan Alpacino

    Siapa tak ingat film Godfather?. Alpacino bermain cemerlang dalam film itu. Begitupun Nicholson yang berakting sebagai Michael Corleone dalam Chinatown. Mereka berdua sama-sama dinominasikan sebagai aktor terbaik dalam Academy Award 1975. Suatu kejutan karena ternyata tak satupun dari mereka yang meraih penghargaan itu. Para juri Oscar malah memilih Art Carney dalam film Harry And Tonto yang perannya bahkan tak banyak diingat atau dikenal orang.


 Tidak Untuk Superhero

              Semua orang pasti sepakat kalau The Dark Knightadalah sebuah film superhero hebat yang pernah dibuat pada 2008. Selain sukses dalam hal pendapatan yang mencapai 1 trilyun di seluruh dunia, film ini pun mendapat pujian dari para kritikus. Dengan semua kelebihan itu, kita pasti mengira kalau film ini bakal meraih Oscar untuk Film Terbaik. Nyatanya, film ini malah sama sekali tak dinominasikan untuk kategori itu.
              Hal yang sama terjadi pada film Wall-E sebuah film animasi romantis produksi Pixar. Film yang juga diproduksi pada 2008 ini juga tak dinominasikan sebagai film terbaik, konon karena para juri memang sengaja tak memilihnya. Pada tahun itu, The Reader dan Frost/Nixon adalah dua diantaranya yang mendapat nominasi pada kategori Best Picture di Academy Award 2009.



Foto; wikipedia
Film Dan Komedian Hebat?
    Apa film yang muncul di pikiran kita jika kita mengingat gorila? Film King Kong- yang diproduksi pertama kali pada 1933- mungkin yang langsung kita ingat. Bagaimana dengan komedian? Asosiasi kita bisa jadi langsung tertuju pada komedian legendaris Charlie Chaplin yang amat piawai menyutradari-sekaligus berperan- dalam film Modern Times dan City Lights. Frankstein yang diproduksi pada 1931 juga menjadi film science fiction horor yang tak terlupakan.
      Jika kita menebak kalau ketiganya tak pernah meraih Oscar, jawabannya ternyata lebih buruk lagi. Ketiganya- King Kong, Charlie Chaplin dan Frankstein malah tak pernah dinominasikan sekalipun.

(Sumber: The Jakarta Post 24 Februari 2013 dan internet )
 

1 komentar:

  1. harusnya jack nicholson tuh yang dapet oscar..
    jadi oscarnya 4 :D
    heheheh

    BalasHapus