Minggu, 20 Oktober 2013

5 Ide Mengajarkan Tentang Jobs (Pekerjaan)

Gambar:2.bp.blogspot.com 


Salah satu materi yang diajarkan dalam pelajaran bahasa Inggris adalah tentang jobs. Di tempat saya mengajar, materi ini diajarkan di level SD kelas 2,kelas 4 dan kelas 6. Bahkan untuk level Intermediate dan Conversation Class pun, materi ini kembali dipelajari tentunya dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.
Kalau merasa stuck saat mengajarkan materi ini, berikut beberapa ide mengajar tentang jobs yang pernah saya lakukan:

Tebak Nama Pekerjaan. Tebak-tebakan ini termasuk ampuh sebagai ice breaking di sela-sela materi. Caranya, guru mendeskripsikan satu jenis pekerjaan, kemudian siswa menebaknya. Untuk level SD, deskripsi yang diberikan dapat singkat saja terdiri dari 2 kalimat. Sedangkan untuk level siswa menengah atas, deskripsinya bisa lebih panjang dan kompleks. Jika ingin sekalian melatih kemampuan siswa, bisa juga meminta mereka membuat tebak-tebakan sendiri, baik secara individual ataupun berkelompok. Minta siswa lain menebaknya. Jika perlu, guru dapat memeriksa deskripsi yang ditulis siswa untuk mengoreksi kalimatnya.

Isi Teks Lagu. Ini dapat dilakukan untuk me-review materi untuk mengetes kosakata siswa tentang jobs sekaligus melatih kemampuan listening mereka. Salah satu lagu yang dapat dijadikan “soal” adalah lagu Shania Twain She is Not  Just A Pretty Face. Print out teks lagu itu dari internet di link http://www.englishexercises.org/makeagame/viewgame.asp?id=3292. Kemudian putarkan lagunya 2-3 kali dengan menggunakan bantuan kaset audio atau loud speaker. Secara berpasangan, minta siswa melengkapi teks lagu itu. Jika siswa merasa sedikit kesulitan, bisa saja guru memberikan clue dengan menuliskan huruf pertama dari jobs yang dimaksud. 

Bermain Games Jobs di Internet. Ide ini dapat dipakai terutama untuk anak-anak dan jika terdapat koneksi internet yang baik di tempat mengajar. Caranya, cari link di internet mengenai games jobs dengan kata kunci “games jobs for kids”. Setelah itu, pilih games yang sesuai dengan level yang kita ajar. Siswa dapat langsung bermain dengan menggunakan laptop yang ada .Ada beberapa website yang bagus untuk dijadikan referensi misalnya http://learnenglishkids.britishcouncil.org/en/category/topics/jobs.

Jumbled Words. Ide ini juga dapat digunakan untuk me-review materi untuk mengetahui apakah siswa sudah cukup mengenal nama-nama pekerjaan yang telah diajarkan atau tidak. Lebih cocok untuk siswa SD level rendah seperti kelas 2. Caranya, acak huruf dari satu pekerjaan misalnya axti ridver (taxi driver). Tulis huruf acak itu di selembar kertas atau karton. Kemudian, perlihatkan kertas atau karton itu kepada siswa dan minta mereka berkompetisi untuk menebak nama pekerjaan yang dimaksud. Bisa juga dengan mengetik jumbled words di laptop. Dengan bantuan in-focus, perlihatkan jumbled words itu dan minta siswa menebaknya. Jika kemampuan siswa agak kurang, bisa saja guru menulis soal tentang jumled words ini dan minta siswa menjawabnya secara tertulis pula. Misalnya : axti ridver _ _ _ _    _ _ _ _ _ _

Puzzle Time. Ide lain yang cukup menarik adalah dengan memberikan soal dalam bentuk puzzle. Soal dapat terdiri dari 10 nomor. Kemudian, minta siswa menulis nama jobs yang dimaksud. Jika dapat menjawab secara tepat, siswa akan dapat menebak mystery job yang tersembunyi dari huruf-huruf yang ditebalkan di setiap jobs.
Selamat Mencoba!

Sebagian ide dari New Parade 6 Longman 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar