Rabu, 05 September 2012

5 Tipe Status Di Facebook


1. Tipe Curhat
Baru aja ditinggal sehari, udah kangen lagi sama my sweety..”
“Senengnya dapat surprise party. Thanks teman-teman..”
Status dengan tipe curhat adalah status yang seringkali berisi curahan hati si pemilik akun, baik cerita sedih atau gembira. Mungkin maksudnya share  perasaan -karena nggak ada yang bisa  diajak curhat - atau memang sengaja curhat di FB biar semua orang tahu apa yang sedang ia alami. Menurut saya, kemungkinan orang yang suka menulis status tipe curhat adalah tipe orang yang ekstrovert, suka berbagi dan nggak merasa keberatan jika sisi private-nya diketahui orang lain meskipun hanya sebagian.

2.  Tipe ‘menggantung’
“Udah tau aku nggak suka dibegituin. Tapi masih dilakuin juga. Belajar dari yang udah-udah apa?”
“Penonton kecewa..”
Pernah membaca status kayak di atas? Jujur saya paling sebel kalau baca status macam begitu. Saya menyebutnya tipe “menggantung”. Ya..karena status itu nggak jelas ditujukan untuk siapa dan maksudnya apa. Kalau marah atau jengkel, marahnya sama siapa. Kalau pun seneng, kadang juga nggak jelas apa sebabnya dan apa benar dia lagi seneng. Pembaca status cuma bisa menebak-nebak saja apa yang sedang dialami si penulis status atau pada siapa ia tujukan status itu. Mungkin maksudnya ingin berbagi juga tapi dengan cara yang ,sengaja atau tidak, bikin orang penasaran. Dan memang biasanya kalau isinya menggantung begitu, ada saja orang yang lantas bertanya balik  semisal:”Ada apa, nih?” atau “Kenapa?”. Kadang saya berpikir, mungkin si penulis status sengaja membuat status “misterius” begitu untuk menarik perhatian. Entah menarik perhatian orang yang sebenarnya dimaksud di status itu, atau orang-orang yang kebetulan membacanya.

3.  Tipe “Eksis Selalu”
“Lagi ngantri di dokter gigi..”
“Akhirnya dapat giliran…”
“Thanks dokter. Gigiku dah nggak cenat-cenut lagi sekarang..”
Mau di rumah, di kantor, di jalan atau di manapun, pemilik akun tipe ini selalu meng-update satusnya. Isinya ya tentang apa saja yang sedang ia lakukan, ia alami atau ia rasakan dari jam ke jam bahkan dari menit ke menit. Kayaknya, update status udah jadi kebutuhan hariannya. Pokoknya, bangun tidur ku terus online deh..

4.  Tipe Penasehat
Biasanya statusnya selalu berusaha mengajak pada kebaikan. Bisa berupa ajakan secara langsung, berbagi pengalaman penuh hikmah, atau dengan mengutip ayat alquran dan hadist. Saya punya beberapa teman seperti ini dan saya acung 3 jempol buat mereka.

5.  Tipe Pebisnis
Statusnya biasanya berupa promosi produk lengkap dengan harga dan gambarnya. Intinya sih jualan gitu. Pemilik akun yang biasa mengupdate status tipe ini biasanya memang berniat menjadikan FB sebagai sarana berbisnis dan mencari penghasilan.

Btw, tulisan ini murni pendapat saya saja tanpa bermaksud menyinggung atau menyindir. Peace..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar