Minggu, 09 September 2012

5 Wanita Istimewa



Ada banyak wanita yang tercatat dalam sejarah karena berbagai keistimewaan yang mereka punyai. Entah karena keluhuran akhlak, keberanian atau pun karena kontribusinya terhadap negara dan umat. Yang ini diantaranya sumber inspirasi saya:

 
  1. Khadijah Binti Khuwailid. Istri pertama Rasulallah SAW.Dikenal sebagai seorang bangsawan sekaligus pebisnis ulung yang kaya raya. Khadijah adalah istri yang taat, sabar dan selalu mendukung suaminya, baik dengan sikap ataupun kelebihan hartanya. Khadijah lah yang menghibur Rasul saat suaminya itu dicaci dan diancam di masa-masa awal kenabian. Saat Rasul dianiaya, Khadijah pula yang dengan sabar merawat luka Rasul. Puncaknya saat Islam makin diterima di masyarakat, kaum kafir pun melakukan boikot terhadap Rasul dan keluarganya. Tak ada yang boleh berniaga, menikah dengan keluarga Nabi Muhammad maupun mengirimkan bantuan makanan. Khadijah menghadapi semua itu dengan tegar dan tanpa mengeluh. Padahal ia adalah wanita kaya raya yang tak pernah kenal hidup sengsara. Subhanallah..

2.    Asiyah Istri Fira’un. Bagaimana rasanya memiliki suami yang malah berpotensi menjauhkan kita dari Allah? Asiyah menunjukkan bagaimana seharusnya bersikap. Dengan kesabaran luar biasa, ia mendampingi Fir’aun, raja Mesir yang mengaku dirinya sebagai tuhan. Saat ia mendapat hidayah untuk mengikuti ajaran Musa, anak angkatnya yang kemudian menjadi nabi, kasih sayang Fir’aun untuknya berganti kemurkaan. Namun Asiyah tak gentar atau mendadak meminta berpisah. Ia mengaku pada suaminya bahwa ia beriman pada Allah hingga ia mengalami penyiksaan luar biasa. Asiyah mengajarkan kepada kita tentang kuatnya keimanan dan kesabaran menghadapi suami.

3.    Nusaibah Binti Kaab. Dikenal dengan julukan Ummu Umara. Ia adalah seorang pejuang muslimah pertama. Nusaibah turut serta dalam Perang Uhud, Perang Hudaibiyyah, Perang Hunain dan Perang Yamamah serta menyaksikan Bait al-Aqabah. Dalam berbagai pertempuran itu, Nusaibah tidak hanya membantu mengurus logistik dan merawat orang-orang yang terluka. Ia juga terjun ke medan perang dan mengangkat senjata untuk melindungi Rasulullah saw. Pada perang Uhud, Nusaibah menderita dua belas luka pada tubuhnya dengan luka paling parah di bagian lehernya. Bahkan pada Perang Yamamah, selain mendapat sebelas luka, tangannya juga terpenggal oleh musuh. Menurut saya, ia lah superwoman yang sesungguhnya..

4.  Zainab Alghazali. Seorang tokoh wanita Ikhwanul Muslimin dengan keimanan luar biasa. Di masa pemerintahan Gamal Abdul Naser, Zainab dipenjara dan mengalami berbagai penyiksaan di luar prikemanusiaan. Salah satunya, ia pernah dimasukkan ke dalam sel tertutup dimana di dalamnya ada anjing kelaparan. Anjing itu sengaja disimpan di dalam sel untuk menyerang dan membunuh Zainab. Tapi subhanallah, berkat pertolongan Allah, anjing itu sama sekali tidak melakukan apa pun pada Zainab.





5. Yoyoh Yusroh. Tokoh muslimah masa kini yang juga berkiprah sebagai anggota parlemen. Yang saya kagum, dengan kesibukannya yang bejibun sebagai anggota DPR dan ibu dari 13 anak, almarhumah tetap konsisten membaca Alqur’an 3 juz per hari. Saat meninggal, begitu banyak orang mengantarnya ke liang lahat dan menangisi kepergiannya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar