Senin, 08 Oktober 2012

Cuma Berbakat Icip-Icip



Jika ada profesi yang bikin saya kagum, chef bisa jadi salah satunya. Setiap kali menonton program Master Chef di TV, saya pasti bakal terpesona melihat kelihaian para peserta mengolah bahan makanan yang tersedia menjadi hidangan lezat. Apalagi kalau melihat program masak-memasak bareng chef terkenal. Saya terkagum-kagum melihat kemampuan mereka meracik masakan. Bahan sederhana bahkan aneh sekalipun bisa mereka “sulap” menjadi makanan lezat. Dan kelihatannya itu mudah saja buat mereka!

Kekaguman saya itu mungkin timbul karena saya merasa sangat tidak ahli memasak. Saya hanya bisa memasak yang mudah-mudah seperti tumis dan goreng. Kalau saya diminta memasak yang rumit seperti rawon atau soto, wah..saya bakal nyerah duluan. Bukan apa-apa, menurut saya masakan yang mudah saja rasanya standar apalagi yang susah. Kan sayang bahannya..?

Sebenarnya saya bukan tak pernah belajar memasak. Saat sekolah saya termasuk rajin membantu Mama memasak di dapur. Awalnya saya memang hanya membantu mengiris bawang atau mengaduk masakan. Lama-lama, karena Mama saya sering tugas ke luar kota, saya yang anak pertama kebagian tugas menggantikan tugas Mama di dapur. Cuma ya itu..Saya memasak sekedar “gugur kewajiban”. Saya tidak memanfaatkan momen itu untuk belajar sekalian. Lagipula, Mama saya juga jarang memasak yang susah-susah. Seringnya ya tumis dan goreng itu. Jadi, jangan salahkan kalau saya juga cuma tahu bumbu standar semacam bawang merah, bawang putih, merica atau garam!

Setelah menikah, barulah saya ada keinginan untuk belajar memasak lebih serius. Rada telat kali ya..Tapi lumayan lah daripada enggak he..he..Sebenarnya, suami saya termasuk nggak rewel soal masakan. Yang penting ada sambel. Cuma saya kasihan juga kalau setiap hari suami saya lebih banyak makan makanan jadi atau makan dengan menu “sederhana” ala saya. 

Saya pun mulai rajin mengumpulkan resep masakan dari majalah atau tabloid. Pernah juga saya sengaja membeli buku resep khusus. Karena masih amatiran, saya mencari resep yang kira-kira mudah dan bahannya gampang dicari. Saya agak lupa pernah memasak apa saja. Yang jelas, perbendaharaan resep saya jadi lumayan bertambah. 

Jeleknya, saya tak mencoba menaikkan tingkat kesulitan memasak. Harusnya, makin lama belajar saya kan makin mahir ya..Dari yang bisanya bikin sop jadi bisa bikin soto misalnya. Tapi saya enggak begitu. Gimana enggak, setiap kali hendak praktek saya kebanyakan mikir. Mikir ribetnya, banyak makan waktu, belum lagi kalau rasanya ternyata nggak enak. Akhirnya koleksi resep saya boleh berbuku-buku, tapi prakteknya sih nggak tau..!

Suami saya pernah menyarankan saya untuk belajar dari Ibunya yang memang pintar memasak. Saya juga mencoba bertanya langsung resep masakan dari Beliau. Cuma menurut saya, masakan akan terasa berbeda di tangan yang berbeda. Jadi, biarpun bahannya sama persis, rasanya belum tentu sama. Buktinya, biarpun saya sudah mepraktekkan resep Mertua, tetap saja rasanya nggak seenak bikinan Beliau itu!

Sekarang saya tak terlalu ngotot agar mahir memasak. Cukup basic saja deh nggak usah sampai advance..Kalau ingin masakan yang lain dari biasa, saya “lari” ke warung makan atau restoran. Hitung-hitung bagi-bagi rezeki..Untuk menghibur diri, saya pun sering berkata pada diri saya sendiri. “Bakat kamu mungkin bukan di bidang masak-memasak tapi di bidang cicip-mencicip” he..he..

Syukurlah meskipun Ibu mertua saya terhitung jago masak, Beliau tak pernah complain melihat anaknya yang saya suguhi menu “ala kadarnya” setiap hari. Untung sebelum menikah dulu tak ada tes masak ya..Kalau enggak, mungkin saya tak bakal lolos jadi calon menantu..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar