Kamis, 11 Oktober 2012

Cintaku Nyangkut Di Bandung


sumber :krakatautour.com  

Apa yang paling orang ingat tentang Bandung? Factory Outletnya, kulinernya yang beragam dan enak atau mojang Bandung yang konon cantik-cantik dan modis?

Buat saya yang pernah merasakan tinggal lebih dari 5 tahun di Bandung, kota ini lebih dari sekedar itu. Mungkin agak sentimentil, sih. Tapi, setiap kali saya melihat liputan tentang apapun yang berhubungan dengan Bandung di televisi, saya seperti ditarik lagi ke dalam pusaran memori. Saya lalu akan membayangkan, dimana kira-kira lokasi liputan itu dan apakah saya pernah kesana saat masih di Bandung dulu. Jika pernah, saya pun lalu akan terkenang lagi apa-apa saja yang pernah saya alami di daerah itu.

Dan inilah serpihan kenangan itu:
1.         Dago. Mulai dari dago atas, dago pojok, simpang Dago, semua ada memorinya. Saya paling ingat saat konfrensi Asia Afrika, simpang Dago mendadak bebas dari pedagang kaki lima. Tapi karena itulah simpang yang terkenal selalu macet malah jadi bebas macet.
2.         Dipati Ukur. The ultimate campus of mine. Saat awal saya jadi mahasiswi baru, masih ada lapangan basket di bagian samping depan gerbang kampus. Sekarang sudah dirombak total.
3.         Sepanjang jalan Hasanudin. Saya sering mampir ke outletnya Rabbani tempat jualan jilbab dan busana muslim plus pernak-perniknya. Sebelum di Hasanudin, outlet Rabbani kecil saja letaknya masih di Dipati Ukur. Setelah makin dikenal, pindah ke depan kampus PAAP –Unpad, terakhir ke tempat yang lebih besar lagi tak jauh dari lokasi sebelumnya.
4.         Jalan Pager Gunung. Lokasinya nggak jauh dari kampus UNPAD. Saya sering ke sana karena saya suka banget nongkrong dan minjem buku atau majalah di Zoe Corner- sebuah tempat peminjaman buku yang lumayan terkenal di Bandung. Tempat itu surga banget deh buat yang suka baca. Selain itu, ada juga TOBUCIL tempat saya nyari buku referensi yang agak susah saya temukan di tempat lain. Sekarang TOBUCIL ada di jl. Aceh.
5.         Jl. Kyai Gede Utama. Deket-deket kampus UNPAD juga. Disana ada Deutsche Schule , sekolah tempat anak-anak Jerman atau campuran yang ortunya lagi di Indonesia. Saya pernah ikut belajar bahasa Jerman disana, ikutan ngajar juga bareng anak-anak UPI.
6.         Jalan Taman Sari. Saya ikut unit kegiatan mahasiswa di mesjid Salman ITB. Jadi saya lumayan sering ke daerah itu. Yang paling saya ingat adalah kampus ITB-nya dan tukang jualan buku di depan mesjid. Kalau lagi bete saya biasa ngadem di Taman Ganesha atau sekedar baca-baca di seputaran mesjidnya.
7.         Jalan Merdeka. My favorite spot of course is Toko Buku Gramedia. Di belakang Gramedia ada jl. Purnawarman. Saya sering makan bakso malang di sekitar jalan itu yang rasanya enak banget tapi harganya terjangkau.
8.         Jalan Braga. Saya pernah beberapa kali menyusuri Braga dengan berjalan kaki. Kalau saja nggak banyak kendaraan lewat hingga bikin bising dan polusi, Braga sebenarnya enak buat jalan. Di kiri kanan banyak bangunan tuanya. Serasa lagi jalan di tahun mana..gitu.
9.         Alun-Alun Bandung. Tempat saya mencari majalah bekas. Banyak banget penjual majalah bekas di sana. Asal pintar menawar, kita bisa dapet majalah lumayan baru dengan harga miring.
10.       Jalan Asia Afrika. Pernah mampir ke gedung Asia Afrika waktu nganter siswa pertukaran pelajar dari Jerman.
11.        Jalan Cikapundung. Dekat jalan Asia Afrika. Saya pernah ngubek-ngubek majalah bekas yang juga banyak dijual disana buat bahan skripsi. Sering juga mampir ke perpustakaan daerah Bandung yang lokasinya di jalan itu juga.
12.       Dalem Kaum. Tempat saya beli bahan baju. Kainnya bagus-bagus dengan corak bervariasi. Sebenarnya harganya sih nggak murah-murah banget. Cuma senang aja karena banyak pilihan.

sumber: hensyam.com

 13.       Jalan Ledeng. Saya sering ke sana ke Daarut Tauhid, ikut kajiannya Aa Gym. Di sana ada juga kampus UPI. Saya beberapa kali ke sana untuk kepentingan tugas kuliah. Yang paling saya ingat adalah gedung Isola-nya. 

Banyaak..lagi tempat yang berkesan di Bandung. Cuma kepanjangan lah kalau dibahas semua. Makanya, salah satu cita-cita saya bukan travelling ke Bali atau keliling Eropa. Untuk jangka pendek, ke Bandung dulu deh..Sederhana kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar