Games atau
permainan dapat menjadi selingan belajar yang menyenangkan. Selama mengajar,
banyak games yang biasa saya lakukan
di kelas. Ada yang saya “ciptakan” sendiri, mengadaptasi dari kuis atau games di televisi, ide dari internet
atau sekedar hasil sharing dengan
teman. Games yang saya lakukan di
kelas memang tak selalu berhubungan dengan pelajaran. Kadang dilakukan hanya
untuk menghindarkan murid dari rasa bosan selama belajar. Ini beberapa di
antaranya:
a. Gambar Apa?. Cari
gambar-gambar close up dari internet. Misalnya seperti
gambar diatas. Simpan di
file dalam bentuk microsoft power point.
Banyaknya gambar tergantung kita. Bagi
murid ke dalam grup, masing-masing terdiri dari 2 orang. Perlihatkan
gambar-gambar itu satu persatu melalui layar in-focus. Murid berkompetisi menebak gambar apa itu.
b. Tebak Lagu. Murid-murid saya amat
suka dengan games ini karena amat
dekat dengan keseharian mereka. Yang dibutuhkan adalah download lagu-lagu dari internet di laptop dan speaker atau kaset audio untuk memperbesar volume lagu saat dimainkan.
Jika kita tak mengikuti trend lagu terbaru, memang perlu survey dulu agar tahu
lagu-lagu apa yang familiar buat mereka.
Bagi grup ke dalam grup besar. Murid berkompetisi menjawab judul lagu
dan penyanyinya.
c. Draw And
Guess. Permainan ini dapat digunakan saat murid belajar compound noun seperti class teacher, school bag, sun flower dan sebagainya. Bagi
murid ke dalam beberapa grup, biasanya satu grup terdiri dari 3 atau 4 orang.
Minta satu murid dari grup pertama untuk maju ke depan dan menggambar satu kata
yang diberikan guru sementara anggota grupnya menebak dalam waktu 2 setengah
menit. Saat grup pertama bermain, grup-grup yang lain hanya boleh mengamati dan
baru boleh menjawab saat waktu untuk grup pertama telah habis. Pemenang adalah
grup yang berhasil meraih nilai terbanyak.
d. Siapa Aku?. Ini juga semacam permainan tebak-tebakan. Guru akan
membacakan 3 deskripsi dari satu publik figur terkenal seperti penyanyi,
presiden, aktor, komedian dan sebagainya. Jika murid dapat menjawab pada
deskripsi pertama, mereka akan mendapat 30 angka. Pada deskripsi kedua, mereka
akan mendapat 20 angka dan jika menjawab pada deskripsi terakhir mereka hanya
mendapat 10 angka.
Foto: edumitrakreasi.com |
e. Apakah Ini?. Permainan ini hanya dapat dimainkan oleh murid level tinggi
minimal oleh murid yang sudah mampu mengungkapkan kalimat dalam bahasa Inggris.
Yang diperlukan adalah kartu-kartu abjad, bisa dibuat sendiri, dari A sampai Z
atau sebanyak yang kita mampu buat. Setiap kartu abjad memiliki 5 atau 10 kata –tergantung
pada level apa games ini diberikan-dimulai dari abjad yang sama. Misalnya, pada
kartu abjad A isinya adalah 5 atau 10
kata dalam bahasa Inggris seperti : Apple,
Axe, Aunt, April, Aloof. Satu murid lalu akan menerangkan kata-kata itu
satu persatu hingga anggota grupnya yang lain dapat menebak seluruh kata yang
ada. Waktu yang diberikan 2 setengah menit atau 3 menit jika kata-katanya lebih
dari lima.
informasi yang menarik.....
BalasHapusuntuk game yang pertama; aku sudah bikin softwarenya.
Software buatanku cukup lengkap; ada kamus, gambar apa ini?, mengenal angka ordinal-cardinal 0 - 9999, mengenal waktu, game: menembak, menyelamatkan keju, teka-teki silang, main kartu, menghentikan bom, family tree. semuanya bergambar dan ada pronounce nya. data bisa ditambah sendiri oleh user termasuk untuk tts, mencocokkan gambar, data kamus.