Sabtu, 24 November 2012

Lagu-Lagu Untuk Anak Saya..




Beberapa hari ini saya lagi rajin men-download lagu-lagu anak dari Youtube untuk anak saya. Awalnya, sih saya nggak kepikiran untuk download lagu anak. Saya malah lagi rajin mencari video cerita islami yang kebetulan beberapa CD-nya saya punya di rumah.
Tapi tiba-tiba sambil mencari-cari video yang bisa saya download  lagi, saya mendadak teringat satu acara TV favorit saya saat SD dulu: Panggung Hiburan Anak-Anak (PHAA). Iseng-iseng saya coba cari dan voila..! Ternyata ada!. Sambil menonton, saya seperti terbawa ke masa lalu saat saya dan adik dengan setia menunggu acara ini tayang di televisi. Rasanya senang bisa bernostalgia sambil mengingat-ingat masa-masa kecil dulu.
Foto:asril.multiply.com

Sekedar informasi, PHAA adalah acara yang tayang di TVRI setiap Minggu –saya lupa jam tayangnya- sebulan sekali. Seingat saya saat itu PHAA menjadi barometer perkembangan lagu-lagu anak karena biasanya yang ditampilkan di acara ini adalah  lagu-lagu anak terbaru. Dalam setiap acaranya, PHAA akan menampilkan para penyanyi cilik yang bernyanyi secara lipsync di panggung. Ada sekitar 10 sampai 12 lagu yang ditampilkan.
Dengan set panggung yang terbilang sederhana dan penampilan para penyanyi cilik yang apa adanya, PHAA dapat bertahan beberapa tahun lamanya. Belakangan, setelah video klip mulai dikenal, PHAA masih mempertahankan format menampilkan penyanyi di atas panggung. Tapi seingat saya, untuk promosi yang ditampilkan di TV adalah versi video klipnya.
Banyak lagu yang masih saya ingat sampai sekarang termasuk penyanyi dan penampilannya di PHAA. Tiga Anak Manis, Bondan Prakoso, Paman Dolit, Sheren Regina Dau, Bayu Bersaudara..Amat disayangkan kalau saat ini generasi anak saya tak mengalami masa-masa menyenangkan itu, mengenal lagu-lagu yang menghibur, mendidik dan sesuai usianya.
Karena itu, saya berinisiatif untuk men-download  lagu-lagu itu untuk anak saya. Memang saya harus bersikap selektif. Ada beberapa penyanyi anak- terutama pada era 90-an-yang tampil agak berlebihan. Entah bajunya, gaya menarinya, atau lagunya yang agak nggak jelas. Makanya, saya pilih lagu-lagu yang kira-kira “aman” tapi tetap menghibur. Sayangnya, video dari acara PHAA itu tak terlalu banyak dan kualitas gambarnya juga kurang bagus. Mungkin karena video lama ya..
Syukurlah anak saya amat suka. Saya yang paling girang karena saya bisa mengenalkan lagu-lagu yang sesuai untuk anak saya. Tahu sendiri, sekarang ini sudah sangat jarang lagu khusus untuk anak. Saya sempat miris saat suatu hari dia pulang ke rumah dan menyanyi lagu Playboy-7 icons plus tariannya pula. Saya ingin ia tumbuh alamiah, tidak “dewasa” sebelum waktunya karena lebih mengenal lagu-lagu cinta ala boyband atau girlband  ketimbang lagu-lagu AT Mahmud.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar