Jumat, 28 Desember 2012

5 Alternatif Kegiatan Saat Liburan Di Rumah


Gambar:goodbyecrutches.web11.hubspot.com


Weekend atau libur panjang enaknya memang travelling atau jalan-jalan ya..Masalahnya, tak selalu situasi memungkinkan. Entah karena dana yang tidak mencukupi atau sebab lain. Tapi biarpun hanya di rumah saja, liburan tetap bisa berkesan dan bermakna. Ini alternatif kegiatannya:
1.     Bebenah..Bebenah..Kesibukan kerja atau aktivitas lain mungkin membuat kita tak memiliki banyak waktu untuk beres-beres rumah. Biarpun ada si Mbak yang biasa membereskan rumah, tak ada salahnya saat liburan kita turun tangan sendiri. Misalnya, membereskan dan menyortir pakaian di lemari. Siapa tahu ada yang sudah tak layak pakai atau malah nemu baju baru yang lupa belum pernah kita pakai. Rumah rapi, kalori pun bisa ikut terbakar lho..

2.    Coba resep baru. Ini juga bisa jadi kegiatan menyenangkan sekaligus menantang. Kalau selama ini kita jarang punya waktu untuk turun ke dapur, liburan inilah saat yang tepat untuk praktek memasak. Agar lebih asyik, Cobalah resep baru yang kita punya. Jika merasa tak terlalu pede, cobalah resep yang bahannya mudah didapat dan mudah dipraktekkan. Kalau berhasil, keluarga bakal kecipratan enaknya kan..?Kalaupun gagal, tak masalah. Anggap saja proses belajar..

3.    Kerjakan hobi. Apa hobi kita?Membaca, berkebun atau nonton film? Apapun itu, mungkin karena kesibukan seringkali kita kekurangan waktu untuk melakukannya. Liburan adalah saat yang tepat untuk berpuas-puas mengerjakan hobi. Untuk si lajang, waktu yang dipunyai mungkin lebih tak terbatas. Untuk yang sudah double, ada baiknya untuk mengerjakan hobi setelah situasi “aman”. Misalnya, setelah anak makan atau sedang asyik dengan kegiatan bermainnya agar Anda bebas “gangguan”.

4.  Family Time..!. Liburan di rumah saja bisa juga menjadi hikmah buat kita. Ya..karena banyak waktu luang, kita jadi punya banyak kesempatan untuk mendekatkan diri dengan keluarga. Dengan anak misalnya. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak(-anak). Menemani bermain, membacakan buku cerita, atau sekedar mengobrol tentang kegiatan mereka di sekolah. Selesai liburan, dijamin kita akan merasa lebih dekat dengan anak (-anak) kita.

5.    Merancang Liburan Selanjutnya. Tak ada salahnya kita merencanakan kegiatan travelling untuk liburan akan datang. Mumpung luang, gunakan saat liburan di rumah untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Bisa dengan browsing lokasi di internet, berburu tiket murah atau pun mempersiapkan pernak-pernik lain. Jadi, saat waktunya tiba, kita sudah siap sedia!

1 komentar: